PS 1 Vs PS 4

Jadi gini, beberapa hari lalu lihat meme yang kurang lebih isinya itu tentang game-game PS 1 itu story 80% dan grafik 20%, sedangkan PS4 sebaliknya. Anu, bukan karena saya punya PS4 jadi ngebelain PS4 ya, tapi perbandingannya saya rasa kurang pas. Kalau grafik PS 1 dibandingkan dengan grafik PS 4 ya grafik PS 1 emang busuk, tapi apakah tepat?

Game-game PS1 emang bisa dibilang banyak yang ikonik, sebutlah beberapa: Final Fantasy 7 yang sebentar lagi di-remake ke PS 4, RE 2 yang kemarin sudah berhasil di-remake ulang, atau sebut saja game-game lainnya seperti Suikoden, Breath of Fire, Wild Arms, dan masih banyak lagi. Tapi ya gak semua game PS 1 menjual story, game-game gak jelas macam game yang suit Jepang terus muncul cewe seksi tuh game apa coba?

Sekali lagi kalau bilang game PS 1 grafik "cuma" 20% juga agak gimana gitu, apalagi perbandingannya dengan PS 4, makin ngaco saja, pada masanya grafik PS 1 itu mewah walaupun wajah pemaen bola di Winning Eleven masih kotak-kotak tapi kalau dibandingkan dengan konsol generasi sebelum PS 1 seperti Sega atau Nintendo ya grafik PS 1 menang kemana-mana lah, jadi apakah grafik PS 1 masih "cuma 20%"?

Game PS 4 menang grafik doang? Ya bisa saja ada game yang grafiknya bagus, story biasa saja tapi malah milking pemainnya dengan beragam microtransaction dan sebagainya, tapi apakah tidak lihat perkembangan game-game beberapa tahun terakhir? Banyak game-game yang single player, minim micro transaction, cerita yang (( deep )), dan bonus grafik yang bagus tentunya. Mari sebut beberapa: Horizon Zero Down, Persona 5, Dragon Quest XI, God Of War, dan tentu saja Nier:Automata. Satu lagi, jangan lupa game Spiderman terbaik ( setidaknya menurut saya ) ada di PS4, jaman dulu di PS 1 atau PS 2 juga di PC hampir tidak ada kenangan dan cerita menarik tentang game Spiderman.

Terakhir inimah, jangan-jangan kenapa banyak yang bilang 80% Story 20% grafik itu hanya perkara nostalgia dan referensi? Seingat saya game-game sebelum PS 1 dai Sega dan Nintendo belum banyak yang membuat game yang membutuhkan jumlah jam yang banyak untuk menyelesaikan satu game, seingat saya rata-rata game yang ada ya game-game kasual untuk beneran senang-senang sambil buang-buang waktu, maka ketika ada PS 1 dengan game yang sangat berbeda menjadikannya banyak game yang memorable. Selain itu jarak dari PS 1 ke PS4 cukup lama, pada masa itu mungkin kita sudah banyak memainkan banyak game, mempunyai lebih banyak referensi, membentuk selera terkait game, dan pada akhirnya mempunyai standar sendiri terkait game bagus, biasa saja, dan jelek.

Akhir kata ngapain juga saya ngomentarin meme panjang-panjang.