Berkenalan Kembali Dengan Laravel di Laravel 8

Berkenalan Kembali Dengan Laravel di Laravel 8

Pengalaman saya dengan laravel sebenarnya lumayan lama namun sempat berakhir di laravel 5.x, setelah dari versi tersebut saya lompat ke vuejs dan python, untuk python sampai saat ini karena di kantor sekarang menggunakan python dan django sebagai frameworknya. Namun berhubung saya mengikuti akun-akun pembesar Laravel di twitter saya penasaran dengan pembaharuan yang ada, jadi ini impresi pertama setelah kembali mencoba Laravel 8 setelah cukup lama tertinggal.

Update laravel cli

Pertama adalah saya membaca berita atau blog terkait disarankan untuk memperbahraui laravel cli, oke saya ikuti sarannya dengan menggunakan perintah

composer global require "laravel/installer:4.0.*"

Tampilan baru

Untuk memasang laravel 8 perintahnya masih sama, namun yang paling gampang terlihat setelah memasang adalah halaman awal laravel, yang sebelumnya hanya tulisan Laravel saja sekarang menampilkan ekosistem si laravelnya, dan uniknya bisa ngikutin tema browser

halaman awal laravel di firefox dengan tema dark

Struktur Baru

Di laravel 8 ini juga penambahan satu direktori baru untuk menampung model, jika sebelumnya semua model ditempatkan di dalam “app”, sekarang ada tempat untuk model di “app/Models”

Route yang berbeda

Salah satu yang bikin saya kaget adalah penggunaan router, jika dulu bisa menggunakan string untuk menunjukan controller mana yang akan dikunjungi jike tersambung ke salah satu url, sekarang diubah pendekatanya.

Sebelumnya

Route::get('/home', '[email protected]')->name('home');

Sekarang

use App\Http\Controllers\HomeController;
Route::get('home', [HomeController::class, 'index']);

 

Error Page

Tampilan error page juga berubah, saya tidak yakin ini laravel 8 tapi karena saya baru melihat di versi ini jadi saya masukin saja di daftar yang bikin saya kaget.

Error laravel

 

Auto reload .env

Biasanya saat mengubah nilai di berkas .env kita perlu restart ulang laravel, di laravel 8 tidak perlu saya lihat, di terminal ketika saya mengubah nilai di .env ada tulisan sepreti ini

Environment modified. Restarting server...
[Sat Sep 19 13:36:55 2020] PHP 7.4.10 Development Server (http://127.0.0.1:8000) started

Laravel Jetstream

Ini yang paling menarik perhatian, di twitter banyak yang bahas ini juga, beberapa menyebut ini mebantu cepat scafolding sebuah aplikasi, pihak lain berpendapat membuat terlalu kompleks untuk auth di laravel. Saya tidak tahu ikut pada posisi yang mana, maka dari itu sepertinya saya akan mencoba dulu Laravel Jetstream ini.

 

referensi:
https://laravel-news.com/updating-the-laravel-installer

https://laravel.com/docs/8.x/

Show Comments